Ahad Safar 29 1439 | Ahad 19 November 2017

ARTIKEL MUI

Memaknai Peringatan Nuzulul Qur’an

 

Bulan Ramadan disebut juga sebagai syahrul Qur`an (bulan diturunkannya Al-ur`an), karena pada bulan ini Allah SWT menurunkan Al-Qur`an kepada Nabi Muhamad SAW melalui Malaikat Jibril, tepatnya pada malam tanggal 17 Ramadan. Al-Qur`an berfungsi sebagai petunjuk (guidance) bagi seluruh umat manusia, penjelasan atas segala petunjuk, dan pembeda antara yang hak dan yang batil, serta berfungsi sebagai mu’jizatul kubra (mu’jizat terbesar) bagi bagi Nabi Besar Muhammad SAW dan seluruh umatnya.

Melalui pesan dan kandungannya, Al-Qur`an dapat  membimbing dan mengangkat harkat dan martabat  kehidupan manusia menuju kebahagian di  dunia dan kebagiaan dan kesuksesan di akhirat.

 

Para pakar Ilmu Al-Qur`an telah menjelaskan bahwa secara umum kandungan Al-Qur`an  terdiri dari beberapa aspek kandungan,   antara lain :

 

Pertama:  Berkaitan dengan ajaran  pengesaan kepada  Allah SWT ( at-tauhid ), yang membimbing setiap insan hamba Allah untuk menyembah dan mengabdikan diri-Nya secara vertikal hanya kepada-Nya, mengadukan segala problematika kehidupannya hanya kepada Allah SWT., Oleh sebab itu, setiap insan para  hamba-Nya diwajibkan mendirikan Shalat, melaksanakan Shaum Ramadhan, membayar Zakat dan melaksanakan ibadah Haji,  semua itu bertujuan meng-esa-kan Allah SWT, dan mengabdikan diri kepada-Nya untuk menggapai Rida-Nya.

 

Kedua:  Al-Qur’an mengandung berita - berita yang gaib yang bersifat metafisik. Ayat-ayat ini menjelaskan  tentang alam gaib yang tidak bisa ditangkap oleh panca indera atau rasio manusia,  Misalnya adanya kematian,  alam barzah, alam mahsyar dan hari kiamat serta alam  akhirat, yang mesti didekati dengan keimanan..

 

Ketiga :           Al-Qur’an        mengandung   norma-norma   hukum yang mengatur kehidupan, sehingga berlangsung damai, tertib, dan penuh dengan keharmonisan.              Baik yang    berkait dengan ibadah (hubungan vertikal) maupun berkait dengan muamalah                                  ( hubungan horisontal).  Kesuksesan     kehidupan   manusia  baik  didunia maupun di  akhirat, tergantung kepada kesabarannya dan ketabahannya     untuk             melakukannya  dengan penuh ikhlas baik hukum ibadah maupun hukum  muamalah, misalnya:melakukan hubungan sosial, hubungan ekonomi, serta dalam melakukan kegiatan politik dilandasi dan dihiasi oleh prilaku dan akhlak yang terpuji, dilakukan dengan semangat lillahi ta`ala, hanya untu mencapai kasih sayang Alah SWT.

 

Keempat:  Al-Qur’an mengandung janji dan ancaman (Al-Wa’du dan Wal Wa’id) Dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat  yang berhubungan dengan janji Allah SWT dalam bentuk berita gembira dan kebahagian kepada para hamba-Nya yang beriman dan beramal salih,  dalam bentuk yang bersangkutan akan dimasukkan ke dalam Surga-Nya,  Sementara itu, ancaman Allah SWT dalam bentuk sanksi hukumnya masuk neraka yang menyala-nyala, akan diberikan kepada para hamba-Nya  yang meninggalkannya dan mengingkari serta melawan ajaran-Nya Yang lurus..

 

Kelima: :Al-Qur’an mengandung kisah dan cerita yang telah terjadi pada masa umat masa lalu sebagai pelajaran dan menjadi wawasan bagi umat Nabi Muhammad SAW.. , Misalnya Cerita Nabi Luth AS yang kaumnya mengingkari da`wahnya, sehingga diturunkan azab dalam bentuk kebakaran,   Cerita Nabi Nuh AS. dan kaumnya, yang keluarga dan kaumnya telah menolak ajarannya diturunkan azab dalam bentuk banjir    serta Cerita Nabi Hud yang ditolak kehadirannya oleh kaumnya maka dikirim gempa bumi oleh Alah SWT, serta  Nabi Sulaiman AS, sebagai penguasa yang salih dan dermawan , kehidupan penuh kesuksesan dan keberkahan dari-Nya. Di samping itu, Fir`aun tampil sebagai penguasa yang zalim, masa depannya hancur luluh terhempas di Laut Merah, karena kelemahannya tidak mampu berenang.

 

            Dari lima kandungan  tersebut, yang tersebar dalam 114 Surat, dan 6.666 ayat itu, Al-Qur’an berfungsi sebagai Pedoman Hidup bagi setiap Insan  yang Bertakwa menuju jalan yang lurus yang diridhai Allah SWT. dan jalan menuju Surga-Nya Allah SWT.

 

Sehingga dengan memperingati   diturunkanNya Al-Qur’an ditengah-tengah Ramadhan 1434 H ini, marilah kita berusaha untuk membacanya, memahami isi dan kandungannya, serta mengaplikasikan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mensosialisasikan ajarannya di tengah-tengah masyarakat luas. InsyaAllah  hidup kita akan selalu  bermanfaat dan akan terarah menuju pintu surga-Nnya.. Allahu `aalamu bis-sawab..                                             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

Kontak Kami

Jln. Bersih No. 01 Cibinong-Bogor Cibinong
Jawa Barat 16330
Indonesia

email info@mui-bogor.org
telepon 021-879139001
fax 021-879139001
  http://www.mui-bogor.org

 

Langganan Berita

Langganan berita kami sekarang!