Ahad Safar 29 1439 | Ahad 19 November 2017

ARTIKEL MUI

`Idul Fitri Merupakan Ajang Sillaturrahmi dan Evaluasi Diri Untuk Menggapai Rida Ilahi

 

Allahu Akbar 3x wa lillahil hamd.

 

`Aidin-`aidat, kaum muslimin kaum muslimat, jama`ah shalat `Idul Fitri yang Insya Allah kita selalu disayangi, dicintai, dan dimuliakan Allah SWT.

 

Al-Hamdulillah, dengan memanjatkan puja dan puji serta syukur ke hadirat Allah SWT atas berbagai limpahan nikmat dan karunia-Nya kepada kita yang tak ternilai jumlah dan harganya sehingga dengan dilandasi oleh hati yang ikhlas “Lillahi Ta`ala” kita dapat

melangkahkan kedua kaki kita untuk bersimpuh di ٌruangan dan di halaman Mesjid Riyadush-Shalihin tercinta ini untuk melaksanakan shalat `Idul Fitri  dan sekaligus menyimak khutbahnya. Mudah-mudahan Allah SWT berkenan menerima persembahan ibadah yang kita lakukan ini, sekaligus kita mendapatkan balasan yang berlipat ganda di sisi-Nya.

 

Shalawat beserta salam, mudah-mudahan selalu dipersembahkan dan tercurahkan kepada junjungan kita, Imamul anbiya` wal mursalin baginda Nabi Besar Muhammad SAW yang telah berjasa besar membawa “Risalah Islamiyyah” kepada kita dan kepada seluruh manusia di muka planet bumi ini yang akan menjamin keselamatan dan kebahagiaan kehidupan kita, baik di dunia yang penuh dengan keterbatasan dan kesementaraan ini maupun kesuksesan dan kenikmatan serta keselamatan di akhirat yang bersifat permanen dan abadi. Begitu juga kepada para keluarganya, para sahabatnya, para ulama, dan kepada kita sekalian selaku umatnya yang berada di akhir zaman, era globalisasi yang penuh dengan berbagai cobaan, godaan, dan ujian kehidupan, yang insya Allah kita selalu mencintai dan berpegang teguh kepada sunnah-sunnah yang telah dibawanya. Amien ya rabbal `alamin.

 

Allahu Akbar 3x wa lillahil hamd

 

            Kaum muslimin-muslimat rahimakumullah

 

            Amatlah berbahagia hati kita yang tak terhingga, karena dengan izin-Nya kita masih dipertemukan dengan `Idul Fitri, Rabu 1 Syawal 1432 H pagi ini, yang penetapannya tidak mudah cukup alot namun dinamis di bawah sidang Isbat Dewan Hisab dan rukyat Kementerian Agama yang dipimpin oleh Menteri Agama RI dengan disaksikan oleh lebh dari 90 saksi terpercaya yang tersebar di seluruh Indonesia. Di samping kemarin sebagian sudara kitapun sudah melaksanakan salat Idul Fitri, yang perbedaan ini tidak akan kita saling pertajam, yang ada dan yang dikedepankan semangat ukhuwwah Islamiyyah, kebersamaan, saling asah, asih dan asuh.  Kita yakin dan kita renungkan, berapa banyak di antara kita, orang tua atau guru yang kita sayangi, saudara atau teman se-jawat, atau tetangga yang kita cintai,  yang pada `Idul Fitri yang lalu, masih berada di tengah-tengah kita, duduk berdampingan bersama kita, saling bermusafahah kini mereka telah tiada, telah dipanggil ke hadirat Allah untuk selamanya. Dengan potensi nikmat sehat wal `afiat dan panjang umur pada  pagi yang penuh berkah dan suci ini kita dapat bersimpuh bersama menghadap kiblat di ruangan dan halaman mesjid   yang kita cintai ini kita semua bersimpuh untuk mensucikan dan mengagungkan asma Allah SWT. Al-Hamdulillah kini kita telah melaksanakan shalat `Idul Fitri 2 rakaat, dan kini kita sedang mendengarkan khutbah yang merupakan bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan shalat `ied ini.

 

            Di samping itu, sejak semalam sampai pagi 1 Syawwal ini, dari mulut kita terlontarkan dan terucapkan dengan derasnya kalimat takbir, kalimat tahmid, dan kalimat tahlil, yaitu: Allahu Akbar 3x Lailaha illallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil hamd, sebagai ekspresi dan implementasi pernyataan syukur atas berbagai limpahan nikmat dan fasilitas kehidupan yang telah dianugerahkan Allah SWT kepada kita. Dan kita semakin yakin dengan seyakin-yakinnya akan kebesaran dan kekuasaan-Nya, sehingga Allah SWT selalu dijadikan tempat untuk meminta, tempat untuk bergantung, dan mengadukan berbagai problematika kehidupan yang beraneka ragam.

 

   

 

Kontak Kami

Jln. Bersih No. 01 Cibinong-Bogor Cibinong
Jawa Barat 16330
Indonesia

email info@mui-bogor.org
telepon 021-879139001
fax 021-879139001
  http://www.mui-bogor.org

 

Langganan Berita

Langganan berita kami sekarang!