Pembinaan MUI Megamendung: Pengurus Harus Semakin Solid dan Sinergis

Pembinaan MUI Megamendung: Pengurus Harus Semakin Solid dan Sinergis Foto bersama usai Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Megamendung. Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, Megamendung – Dalam rangka memperkuat sinergi antara ulama dan umaro, MUI Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan pembinaan organisasi bagi pengurus MUI Kecamatan dan Desa se-Megamendung, bertempat di Pondok Pesantren Al Idrisiyyah, Rabu (7/8).

Dalam sambutannya, Kiai Ahmad Maksudi menekankan pentingnya menjaga kekompakan antara ulama dan umaro melalui kegiatan rutin pengajian bulanan (Syahriyah). “Kita merawat kekompakan bersama dengan mengkaji kitab-kitab penting seperti Fawaidul Makiyyah dan Ibanatul Ahkam di setiap desa secara bergantian,” ujar pimpinan Pesantren Al Idrisiyyah tersebut.

Ketua MUI Kecamatan Megamendung, Kiai Ahmad Maksudi saat menyampaikan sambutan. Foto: istimewa

Acara pembinaan kali ini bertepatan dengan kegiatan pengajian bulanan (syahriyahan), diharapkan melalui pembinaan ini para pengurus MUI semakin solid dan sinergis dengan umaro. Ia juga mengungkapkan rencana MUI Kecamatan Megamendung akan menyelenggarakan Pendidikan Dasar Ulama (PDU) yang bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan dan berbagai stakeholder lainnya.

Jama’ah Ibu-Ibu juga turut hadir dalam pembinaan. Foto: istimewa

Di saat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Bogor Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, Dr. Aep Saepudin Muhtar, M.Sos., yang akrab disapa Gus Udin, dalam paparannya menegaskan pentingnya peran ulama sebagai garda terdepan dalam memberikan solusi bagi permasalahan umat. “Ulama harus hadir sebagai pemberi solusi, bukan hanya sebagai pengamat,” tegasnya.

Gus Udin juga mengajak para ulama untuk lebih sadar akan sejarah Bogor yang kaya akan nilai-nilai kesundaan sebagai pijakan untuk membangun masa kini dan masa depan.

“Sejarah Bogor yang sarat dengan nilai-nilai kesundaan harus menjadi inspirasi bagi kita dalam membangun masa depan. Memperkuat identitas kebogoran adalah langkah penting untuk memperkokoh jati diri kita sebagai masyarakat Bogor,” tuturnya. (AL/ed.fw)