MUI Kecamatan se-Kabupaten Bogor Sukseskan Gebyar MTQ

MUI Kecamatan se-Kabupaten Bogor Sukseskan Gebyar MTQ Ketua MUI Kecamatan Cibinong bersama Forkopimcam dan para Dewan Hakim pada kegiatan MTQ Kecamatan Cibinong.

MUI-BOGOR.ORG – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qurán (MTQ) di empat puluh Kecamatan se- Kabupaten Bogor telah dimulai dan masih berlangsung hingga hari ini. Rangkaian kegiatannya dimulai dengan seleksi peserta dari setiap desa/kelurahan, pawai ta’aruf dan pelantikan dewan hakim.

Kegiatan MTQ ini merupakan program tahunan Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bogor.

Foto bersama Ketua MUI Kecamatan Cigombong, Drs. Kiai Sadudin, M.Pd (berjas hitam) dan Camat Cigombong, RE. Irwan Soemantri, S.STP (bersorban), bersama Forkopimcam Kecamatan Cigombong. Foto: istimewa

Para qari – qariah terbaik di MTQ tingkat Kecamatan akan diikutsertakan pada MTQ Tingkat Kabupaten Bogor yang rencananya akan diselenggarakan di Rest Area Gunung Mas Puncak, Kecamatan Cisarua, pada 19 atau 26 Agustus 2024.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dan dukungan penuh dari para Ketua MUI Kecamatan se-Kabupaten Bogor, salah satunya Ketua MUI Kecamatan Cigombong, Drs. Kiai Sadudin, M.Pd.

Foto bersama Ketua MUI Kecamatan Cibinong, KH. Moh. Syarifudin, S.Pd.I., dan Camat Cibinong, Drs. Acep Sajidin, M.Si., bersama Forkopimcam. Foto: istimewa

“MTQ adalah momentum penting bagi kita semua untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi muda kita semakin giat dalam mempelajari dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Kiai Sadudin dalam keterangannya kepada mui-bogor.org, Kamis (8/8/2024).

Senada dengan itu, Ketua MUI Kecamatan Cibinong, KH. Moh. Syarifudin, S.Pd.I., menyampaikan harapannya agar MTQ dapat menjadi sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyah antar masyarakat di Kabupaten Bogor.

Ketua MUI Kecamatan Rumpin, KH. Harun Al-Rasyid turut mensukseskan MTQ Tingkat Kecamatan Rumpin. Foto: istimewa

“Melalui MTQ, kita tidak hanya mencari qari dan qariah terbaik, tetapi juga memperkuat tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah di antara kita semua. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan membawa berkah bagi seluruh warga Kabupaten Bogor,” harapnya.

Ketua MUI Kecamatan Sukamakmur, KH. Yusuf Iskandar turut menyukseskan MTQ Tingkat Kecamatan Sukamakmur. Foto: istimewa

Sementara itu, Camat Cibinong, Drs. Acep Sajidin, M.Si., mengungkapkan kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan tahun 2024 ini mendapat antusias yang sangat tinggi dari masyarakat, bahkan ada sekitar 1.058 peserta dari 13 kelurahan se-Kecamatan Cibinong yang mengikuti pawai taaruf. 

“Alhamdulillah sangat luar biasa, ada sekitar seribuan peserta yang ikut pawai taaruf,” ungkap Camat Acep, dilansir dari setda.bogorkab.go.id.

Ketua MUI Kecamatan Cibungbulang Kiai Abdul Latif, S.Pd., turut menyukseskan MTQ Tingkat Kecamatan Cibungbulang. Foto: istimewa

Di sisi lain, Camat Cisarua, Heri Risnandar, S.STP mengatakan, wilayahnya ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan lomba seni membaca Al-Qur’an tahun ini.

“Kami tengah mempersiapkan venue-venue yang akan digunakan dalam ajang kompetisi MTQ tahun ini,” kata Heri Risnandar dikutip dari bogor-kita.com.

Ketua MUI Kecamatan Sukajaya, Kiai Iqbal Fauzi turut menyukseskan MTQ Tingkat Kecamatan Sukajaya. Foto: istimewa

Gebyar MTQ di Kecamatan se-Kabupaten Bogor ini merupakan upaya membumikan Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat. Dukungan penuh dari seluruh Ketua MUI Kecamatan menunjukkan sinergistas dan komitmen mereka dalam menciptakan generasi yang Qur’ani dan berakhlak mulia. (fw)