PDU Angkatan Ketiga Selesai, Ketua MUI Ciawi: Alumni Harus Siap Berkhidmah

PDU Angkatan Ketiga Selesai, Ketua MUI Ciawi: Alumni Harus Siap Berkhidmah Peserta PDU angkatan ketiga saat bersilaturahmi kepada Ketua MUI Kecamatan Ciawi, KH. Badru Kamal Mamun, S.Sy. Foto: Istimewa

MUI-BOGOR.ORG, Ciawi – Pendidikan Dasar Ulama angkatan ketiga ini alhamdulillah telah selesai. Program PDU yang dirancang oleh MUI Kecamatan Ciawi ini merupakan salah satu ikhtiar untuk mencetak para kader ulama masa depan yang diharapkan mampu menjadi benteng umat Islam khususnya di wilayah Ciawi dan sekitarnya, serta menjadi solusi atas berbagai permasalahan keummatan yang ada saat ini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua MUI Kecamatan Ciawi, KH. Badru Kamal Ma’mun, S.Sy., kepada mui-bogor.org, dalam keterangannya, Senin (21/10/2024). Ia menambahkan, meskipun terdapat beberapa kendala, namun secara keseluruhan program ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Perkuliahan Terakhir Pendidikan Dasar Ulama (PDU) Angkatan Ketiga MUI Kecamatan Ciawi, `Minggu (13/10/2024). Foto: Syifa

“Alhamdulillah PDU angkatan ketiga ini mengalami peningkatan jumlah hari perkuliahan dibandingkan dengan PDU sebelumnya. Ada tiga belas kali pertemuan, sehingga materi yang disampaikan juga lebih banyak dan lebih beragam,” ujar Kiai Badru.

Kiai Badru juga menjelaskan, bahwa materi yang disampaikan kepada peserta tidak hanya seputar keagamaan dan dakwah, tetapi juga mencakup berbagai bidang lainnya seperti keciawian, kebogoran, sinergi dengan pemerintah, potensi ekonomi lokal, kewirausahaan, hingga kenegaraan. “Tujuannya adalah agar para peserta PDU ini tidak hanya unggul dalam bidang keagamaan, tetapi juga mampu berkontribusi di berbagai sektor yang dibutuhkan masyarakat,” tambahnya.

Para peserta PDU angkatan ketiga berfoto bersama usai ziarah ke makam KH. Tubagus Asy’ari atau Mama Bakom di Kp. Bakom Pesantren Kel. Bojong Kerta Kec. Bogor Selatan Kota Bogor. Foto: Istimewa

Meski kegiatan berjalan lancar, Kiai Badru mengakui bahwa salah satu kendala terbesar adalah terkait pendanaan. “Pemateri yang hadir untuk memberikan ilmunya hadir dengan niat ikhlas lillahi ta’ala,” ungkapnya. Selain itu, fleksibilitas waktu pemateri juga menjadi tantangan tersendiri bagi panitia, sehingga mereka sering harus menyiapkan rencana cadangan jika ada pemateri yang tidak bisa hadir sesuai jadwal.

Kiai Badru berharap agar para alumni PDU angkatan ketiga ini siap berkhidmah untuk masyarakat, juga dapat menjadi generasi yang mampu berkontribusi dalam bidang keagamaan dan sosial kemasyarakatan, serta berkomitmen untuk memajukan bangsa dan negara dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, pancasila, dan UUD 1945. (syifa-ed.fw)