Pembinaan MUI Babakan Madang: Ulama Tidak Hanya Mewarisi Ilmu, Namun juga Peran

Pembinaan MUI Babakan Madang: Ulama Tidak Hanya Mewarisi Ilmu, Namun juga Peran Foto bersama usai Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Babakan Madang. Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, BABAKAN MADANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor menyelenggarakan pembinaan organisasi bagi pengurus MUI Kecamatan dan Desa se Babakan Madang yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Babakan Madang, Kamis (13/6).

Dalam sambutannya, KH. Dadang Damanhuri menyampaikan pesan kepada pengurus MUI Kecamatan dan Desa terkait pentingnya pembinaan ini.

“Pembinaan ini sangat penting di tengah banyaknya masalah yang dihadapi masyarakat, peran MUI menjadi vital untuk menjaga keseimbangan dan kondusifitas masyarakat”, ujar Ketua MUI Kecamatan Babakan Madang tersebut.

Di saat yang sama, Camat Babakan Madang yang diwakili oleh Sekcam Iskandar, S.Ap, MA., menyampaikan sinergitas yang terjalin antara pemerintah kecamatan dengan MUI.

“Pemerintah Kecamatan Babakan Madang selalu berdampingan atau bersinergi dengan MUI Kecamatan dalam hal-hal yang bersifat strategis”, katanya.

Sementara itu hadir sebagai narasumber, Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bogor H. Irfan Awaludin, M.Si. Dalam paparannya ia mengingatkan kembali bahwa peran ulama hari ini sebagai estafet penerus perjuangan para nabi sebagaimana surat Al Ahzab ayat 45-46.

“Kita ini penerus para Nabi yang tidak hanya mewarisi ilmu, namun juga peran. Pertama, Syaahidan hadir di tengah masyarakat menjadi solusi. Kedua Mubasyiron pemberi kabar gembira/motivasi. Ketiga Nadziron pemberi peringatan. Keempat Da’iyan Ilallahi bi idznihi mengajak kepada Allah dengan izin-Nya”, jelasnya.

Pria yang akrab disapa Gus Irfan itu melanjutkan, “Kalau kita sudah melaksanakan peran itu, barulah kita bisa menjadi Sirooj – Muniir (cahaya yang menerangi). Perbedaanya, sirooj (cahaya) seperti Qomar (bulan) yang memantulkan cahaya dari matahari. Sementara Muniir (cahaya) seperti matahari yang memiliki cahayanya sendiri.

“Itulah yang akan bisa merubah masyarakat”, pungkasnya. (fw)