MUI Cileungsi Gelar Pembinaan dan Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor Baru

MUI Cileungsi Gelar Pembinaan dan Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor Baru Peletakkan Batu Pertama Gedung Kantor MUI Kecamatan Cileungsi. Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, CILEUNGSI – Banyak tantangan dakwah dan dinamika sosio-religius terjadi di era perubahan sosial yang sangat cepat ini, baik terkait penyimpangan keberagamaan umat atau banyaknya peristiwa baru yang terjadi di era digital, dulu tidak pernah terjadi seperti fenomena judi online dan Pinjol. Dalam kurun waktu satu dekade, MUI kabupaten Bogor terus berupaya melakukan upaya pembinaan atas tantangan dakwah tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Bogor Dr. H. Naufal Ramadian, M.Si., pada kegiatan pembinaan organisasi MUI Kecamatan dan Desa/Kelurahan se Cileungsi di Masjid Baitussalam Metland Transyogi, Kamis (27/6/2024).

Suasana Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Cileungsi. Foto: istimewa

Pengurus PD. Muhammadiyah Kabupaten Bogor tersebut menambahkan, MUI sebagai episentrum kegiatan dakwah di Kabupaten Bogor memiliki peran strategis terutama dalam menjaga aqidah umat, dan hadir membersamai keberlangsungan generasi pelanjut kader ulama melalui program unggulan PKU, karena tantangan dakwah begitu besar dibutuhkan konsistensi gerakan pembinaan kader ulama yang berkelanjutan.

“Perlu terus afirmasi/penguatan baik penguatan ulama sebagai ujung tombak dakwah di lingkup MUI kecamatan ataupun desa, ataupun penguatan kolaborasi dengan bersinergi dengan berbagai pihak termasuk umaro di tingkat kecamatan dan desa dalam memfasilitasi sejumlah kegiatan”, ujar Dr. Naufal.

Foto bersama usai pembinaan. Foto: istimewa

Sementara itu, Ketua MUI Kecamatan Cileungsi KH. Sarta Ahmad Firdaus, M.Pd., mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pengurus MUI Kecamatan dan Desa.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat menambah semangat dan memotivasi kami agar dapat menjadi lebih baik lagi kedepan”, katanya.

Selain itu, KH. Sarta menyampaikan bahwa kegiatan ini bersamaan dengan dilaksanakannya peletakan batu pertama gedung kantor MUI Kecamatan Cileungsi.

Peletakkan batu pertama gedung kantor MUI Kecamatan Cileungsi. Foto: istimewa

“Pembangunan gedung ini sebagai simbol dan komitmen kami akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, dan sebagai bentuk kerja sama yang baik dari berbagai pihak, untuk itu kami mengajak kepada semua pihak untuk ikut serta dalam mendukung pembangunan Gedung Kantor MUI Kecamatan Cileungsi ini”, tukasnya.  

Hadir dalam kegiatan ini jajaran Forkopimcam, Pengurus MUI Kecamatan dan Desa se-Cileungsi, Ketua MWC NU, PCM Muhammadiyah Cileungsi, Ketua DMI Kabupaten Bogor, Ketua DMI Kecamatan Cileungsi, BKMT, Fatayat NU, Muslimat NU, dan Pimpinan/Pengurus Pondok Pesantren. (fw)