Pembinaan MUI Cibungbulang: Mengokohkan Ukhuwah dan Sinergitas Ulama Umaro

Pembinaan MUI Cibungbulang: Mengokohkan Ukhuwah dan Sinergitas Ulama Umaro Foto bersama setelah Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Cibungbulang. Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, Cibungbulang – MUI Kabupaten Bogor menggelar acara pembinaan organisasi bagi pengurus MUI Kecamatan dan Desa se-Cibungbulang, Selasa (13/8/2024), yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cibungbulang.

Dalam sambutannya, Ketua MUI Kecamatan Cibungbulang, Kiai Abdul Latif, S.Pd., menekankan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas para pengurus MUI serta memperkuat ukhuwah Islamiyah.

“Pembinaan ini sangat penting untuk menambah semangat para pengurus dalam memberikan pelayanan terbaik kepada umat. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antar pengurus MUI di tingkat kecamatan dan desa dengan MUI Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Cibungbulang dihadiri oleh MUSPIKA dan Pengurus MUI Kabupaten Bogor, diantaranya KH. Cucun Sunan Nasa’i, Dr. KH. Agus Mulyana, MA., dan Puad Hasan, M.Hum. Foto: istimewa

Kiai Abdul Latif juga menekankan perlunya memperkuat sinergitas antara ulama dan umaro untuk memperkokoh persatuan umat Islam di wilayah Cibungbulang.

Di saat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Bogor, Dr. KH. Agus Mulyana, MA, dalam paparannya mengapresiasi antusiasme para pengurus MUI Kecamatan Cibungbulang yang sangat tinggi dalam mengikuti acara pembinaan ini.

Ia menyampaikan bahwa MUI harus lebih proaktif dalam memahami dan merespons berbagai permasalahan umat, termasuk masalah-masalah sosial seperti judi online, pinjaman online ilegal, dan penyimpangan paham keagamaan.

Kolase foto kegiatan Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Cibungbulang. Foto: istimewa

“Kami mengharapkan sinergitas yang baik antara pemerintah, ulama, dan umat untuk bersama-sama mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat. Ulama harus berperan sebagai khadimul ummah dan shadiqul hukumah yang bekerja sama dengan pemerintah,” terang Pengasuh Pondok Pesantren Algebra International Islamic Boarding School tersebut.

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen, diantaranya MUSPIKA: Camat, Kapolsek, Danramil, dan KUA, MUI Kecamatan dan Desa, Ketua Paguyuban Kepala Desa, MWC NU, Muslimat NU, Fatayat NU, Mathla’ul Anwar, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Penyuluh Agama Honorer (PAH), dan tokoh masyarakat lainnya. (fw)