Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII Digelar Besok

Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII Digelar Besok Ketua MUI Bidang Fatwa Prof. Dr. KH. Asrorun Ni'am Sholeh, MA. Foto: www.mui.or.id

MUI-BOGOR.ORG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bakal menggelar Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center, Kecamatan Singailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, pada 28 – 31 Mei 2024. Kegiatan ini mengusung tema “Fatwa: Panduan Keagamaan untuk Kemaslahatan Bangsa”.

Ketua Panitia Prof. KH. Asrorun Ni’am  Sholeh menyampaikan, kegiatan ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin.

“Insya Allah kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin,’’ ujar Prof Niam dikutip dari mui.or.id, Senin (27/5).

Prof Niam menyampaikan, pembukaan Ijtima Ulama ini akan berlangsung pada 29 Mei 2024. Sementara sebelumnya, diisi dengan sesi-sesi pleno yang akan memberikan perspektif dalam penguatan pada tema Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII.

“Pada sesi pleno yang pertama akan ada paparan materi mengenai Problematika Pengelolaan Haji dan Zakat untuk Mewujudkan Kemaslahatan, yang diisi oleh Dirjen Pengelolaan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag RI Prof. Hilman Latief, Ketua BAZNAS RI Prof. Noor Achmad dan Ketua Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah”, beber Prof. Niam.

Sementara pada sesi pleno yang kedua, Prof Niam menyampaikan, akan ada paparan materi mengenai Mengokohkan Kedaulatan Nasional di Tengah Geopolitik Global, yang akan diisi oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Guru Besar UIN Jakarta tersebut menjelaskan, pada sesi pleno ketiga, akan ada paparan materi mengenai Relasi Hubungan Antar Agama dalam Konteks Hubungan Antar Bangsa.

‘’Pada sesi ini akan diisi oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 KH Jusuf Kalla,’’ terangnya. (ed.fw)