Pembinaan MUI Caringin: Gencarkan Paham Islam Wasathiyah

Pembinaan MUI Caringin: Gencarkan Paham Islam Wasathiyah Foto bersama usai Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Caringin. Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, Caringin – Kami mengingatkan kembali terkait peran ulama di masyarakat sebagai pewaris para nabi, sebagai pemberi fatwa yang memberikan panduan kepada umat Islam dalam menghadapi berbagai persoalan, menjadi pembimbing dan pelayan umat, menjaga perdamaian, menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua MUI Kabupaten Bogor H. Romli Eko Wahyudi, S.Kh., MM., pada Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Caringin, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Caringin, Selasa (23/7).

Pengasuh Ponpes Orenz Miftahul Barokah tersebut juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh MUI di era digital.

“Hari ini narasi paham keagamaan konservatif masih cenderung mendominasi media sosial. Sementara itu, paham keagamaan moderat justru kurang aktif di media sosial. Maka, MUI harus lebih berperan aktif dalam menyosialisasikan Islam Moderat atau Wasathiyah melalui media sosial agar umat Islam tidak mudah terpengaruh oleh paham dan aliran yang menyimpang, ekstrem, radikal, maupun liberal”, tegasnya.

Lebih jauh, ia juga mengingatkan bahwa ancaman terbesar bagi organisasi MUI bukanlah fitnah, tuduhan, atau konspirasi dari luar, melainkan manajemen yang buruk dari dalam organisasi itu sendiri.

“Oleh karena itu, pengurus MUI diharapkan untuk membangun kemandirian serta semakin kreatif dan inovatif dalam menjalankan peran mereka. Hanya dengan demikian, MUI dapat tetap relevan dan efektif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya”, pungkasnya. (fw)