Pembinaan MUI Jonggol: Tantangan Dakwah Semakin Berat, Ulama – Umaro Harus Sinergis

Pembinaan MUI Jonggol: Tantangan Dakwah Semakin Berat, Ulama – Umaro Harus Sinergis Foto bersama usai Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Jonggol. Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, JONGGOL – MUI sebagai episentrum kegiatan dakwah di Kabupaten Bogor memiliki peran strategis dalam mengawal aqidah ummat, dan hadir membersamai keberlangsungan generasi pelanjut kader ulama melalui program unggulan PKU, karena tantangan dakwah begitu besar di wilayah Kabupaten terbesar di provinsi Jawa Barat dengan jumlah populasi muslim terbesar, dibutuhkan konsistensi gerakan pembinaan kader ulama yang berkelanjutan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Bogor Dr. H. Naufal Ramadian, M.Si., dalam kegiatan Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Jonggol bertempat di aula kantor Kecamatan Jonggol, Selasa (2/7/2024).

Ketua MUI Kabupaten Bogor Dr. H. Naufal Ramadian, M.Si., saat menyampaikan materi pembinaan. Foto: istimewa

Pengurus PD. Muhammadiyah Kabupaten Bogor tersebut juga menekankan bahwa tantangan dakwah di Indonesia semakin berat.

“Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar muslim di dunia, apa saja jika ditawarkan di Indonesia pasti laku, mulai dari produk makanan, minuman, bahkan sampai faham dan aliran sesat juga laku ada pengikutnya, inilah tantangan dakwah kita semua sebagai penjaga akidah umat”, terangnya.

Suasana Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Jonggol. Foto: istimewa

Dr. Naufal menjelaskan, banyak tantangan dakwah dan dinamika sosio-religius terjadi di tengah umat di era perubahan sosial yang sangat cepat ini, baik terkait penyimpangan keberagamaan umat atau banyaknya peristiwa baru yang terjadi di era digital saat ini.

“Dulu tidak pernah terjadi fenomena seperti Judi online dan Pinjol, dalam kurun waktu satu decade ini, MUI kabupaten Bogor dibawah kepemimpinan Prof. KH. Mukri Aji terus berupaya melakukan pembinaan melalui ragam kegiatan, seperti pembinaan di tingkat kecamatan dan desa”, imbuhnya.

Oleh karena itu, Dr. Naufal mengajak kepada pengurus MUI Kecamatan dan Desa se Jonggol untuk terus melakukan penguatan baik penguatan ulama sebagai ujung tombak dakwah, ataupun penguatan kolaborasi dengan bersinergi dengan berbagai pihak termasuk umaro di tingkat kecamatan dan desa. (fw)