Pembinaan MUI Kecamatan Bojonggede: Tantangan Ulama di Era Modern

Pembinaan MUI Kecamatan Bojonggede: Tantangan Ulama di Era Modern Pembinaan MUI Kecamatan dan Kelurahan/Desa se Bojonggede dilaksanakan, Kamis (16/5/2024). Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, BOJONGGEDE – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor kembali menyelenggarakan Pembinaan untuk para pengurus MUI Kecamatan dan Desa/Kelurahan se Bojonggede di aula Kantor Kecamatan Bojonggede, Kamis (16/5/2024).  

Hadir sebagai narasumber Sekretaris MUI Kabupaten Bogor Ahmad Zulfiqor, M.Hum. Dalam paparannya ia menyampaikan tiga masalah penting yang dihadapi ulama saat ini.

Suasana Pembinaan MUI Kecamatan dan Kelurahan/Desa se Bojonggede. Foto: istimewa

“Pertama, pentingnya regenerasi ulama. Kedua, arus modernitas yang semakin cepat. Perubahan sosial, budaya, dan teknologi yang pesat menuntut ulama untuk lebih adaptif agar mampu memberikan jawaban yang relevan terhadap permasalahan zaman. Dan ketiga masalah kebangsaan”, ujar Ustadz Zulfiqor.

Ketua LPKPU tersebut juga menyampaikan berbagai problem keummatan yang mendesak dan membutuhkan perhatian serius para ulama, diantaranya sikap materialisme yang mengikis rasa cinta dan kasih sayang antar kerabat, maraknya judi online, meningkatnya pinjaman online, dan meningkatnya angka perceraian, serta isu LGBT yang semakin terbuka.

Foto bersama usai Pembinaan. Foto: Istimewa

“Untuk menghadapi semua masalah tersebut, ulama di era modern harus memiliki karakteristik. Pertama, harus tafaqquh fiddin. Kedua, memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Ketiga, terbuka terhadap perubahan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman tanpa meninggalkan prinsip-prinsip agama”, tegasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kecamatan Bojonggede KH. Misbah Zulfiqor mengungkapkan, pembinaan ini sangat penting untuk memperkuat peran MUI dalam menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks.

“Acara pembinaan ini diharapkan dapat memberikan bekal dan semangat baru bagi para pengurus MUI Bojonggede dalam menjalankan tugasnya. Kita harus menjadi panutan dan pembimbing yang dapat diandalkan oleh umat dalam menghadapi berbagai tantangan dan masalah yang ada di era modern ini”, pungkasnya. (fw)