Pembinaan MUI Kecamatan Ciawi: Meningkatkan Sinergi dan Memperkokoh Peran Ulama untuk Masyarakat

Pembinaan MUI Kecamatan Ciawi: Meningkatkan Sinergi dan Memperkokoh Peran Ulama untuk Masyarakat

MUI-BOGOR.ORG, CIAWI – Dalam upaya memperkuat peran dan fungsi Majelis Ulama Indonesia (MUI) di tengah masyarakat, MUI Kabupaten Bogor menggelar pembinaan organisasi untuk MUI Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kecamatan Ciawi. Acara ini berlangsung di Pondok Pesantren Riyadul Huda, Desa Citapen, Rabu, (22/5).

Ketua MUI Kabupaten Bogor Dr. K.H. Agus Mulyana, dalam paparannya menyoroti pentingnya kredibilitas ulama dalam ilmu agama dan pengetahuan umum. Menurutnya, ulama harus memahami masalah masyarakat dengan banyak bersosialisasi.

“Ulama harus berkredibel tidak hanya dalam ilmu agama tetapi juga ilmu pengetahuan umum. Memahami problematika masyarakat dengan cara banyak bersosialisasi dengan mereka,” ujarnya.

Ia juga menekankan kesiapan ulama menerima aduan masyarakat dan memberikan panduan dalam memilih pemimpin yang baik.

“Sebagai tokoh ulama harus siap menerima segala aduan masyarakat. Tentang memilih pemimpin yang baik, jika kita dipimpin oleh pemimpin yang dzalim dan menyebarkan fitnah, maka bencilah perilakunya bukan orangnya,” tambahnya.

Selanjutnya, Sekretaris MUI Kabupaten Bogor, Ustadz Ahmad Dzulfiqor, M.Hum, menekankan pentingnya ajang ini sebagai sarana silaturahmi.

“Pembinaan ini merupakan ajang silaturahmi MUI Kabupaten kepada MUI Kecamatan dan seluruh MUI Desa yang ada di Kecamatan Ciawi,” ungkap Ustadz Ahmad Dzulfiqor.

Sementara itu, Ketua MUI Kecamatan Ciawi, KH. Badru Kamal, dalam sambutannya mengampaikan pentingnya peran aktif MUI Desa dalam membantu masyarakat, baik dari segi agama maupun sosial.

Selain itu, ia juga meminta para Ketua MUI Desa untuk memonitor para Alumni PDU sebagai generasi penerus ulama. (fw)