Pembinaan MUI Tanjungsari: Pererat Persatuan dan Sinergi Ulama Umaro

Pembinaan MUI Tanjungsari: Pererat Persatuan dan Sinergi Ulama Umaro Foto bersama usai Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Tanjungsari. Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, TANJUNGSARI – MUI Kabupaten Bogor kembali menyelenggarakan kegiatan Pembinaan, kali ini dilaksanakan bagi pengurus MUI Kecamatan dan Desa se-Tanjungsari yang dilaksanakan pada Kamis, (12/7/2024) di Aula Kantor Kecamatan Tanjungsari.

Ketua MUI Kecamatan Tanjungsari, KH. Madhropi, dalam sambutannya menekankan pentingnya pembinaan ini.

“Pembinaan ini sangat penting sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran akan peran sebagai khodimul ummah atau pelayan umat. Tujuan pembinaan ini selain untuk meningkatkan kemampuan dalam manajemen organisasi serta mempererat silaturahmi antara ulama dan umaro”, imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I MUI Kabupaten Bogor, Dr. KH. Aim Zaimuddin, MA., menggarisbawahi peran penting ulama dalam menjaga kondusifitas di tengah isu-isu yang berkembang.

“Seperti isu yang sedang ramai diperbincangkan terkait nasab Baálawi. Kami mengingatkan agar pengurus MUI agar jangan sampai memperkeruh suasana, seharusnya bisa menjadi penengah yang bijak agar masalah tersebut tidak menjadi bahan perpecahan di masyarakat,” ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Fatmahiyyah Jonggol tersebut juga mengajak semua pihak untuk menjadikan pembinaan ini sebagai sarana mempererat persatuan dan sinergi antara ulama dan umaro.

Di saat yang sama, Sekretaris MUI Kabupaten Bogor, Ust. Ahmad Zulfiqor, MA, memberikan penjelasan mendalam mengenai peran ulama di tengah masyarakat yang saat ini menghadapi berbagai masalah seperti pinjaman online (pinjol) dan judi online.

Ia mengajak masyarakat untuk kembali kepada jati diri sebagai orang Bogor yang kental dengan budaya Sunda dan memahami filosofi Tritangtu sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. (fw)