Pembinaan MUI Tenjo: Ulama Harus Menjadi Cahaya yang Menerangi

Pembinaan MUI Tenjo: Ulama Harus Menjadi Cahaya yang Menerangi Foto bersama usai Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Tenjo. Foto: Dede-Sekretariat MUI Kab. Bogor

MUI-BOGOR.ORG, Tenjo – Ulama merupakan penerus para Nabi yang tidak hanya mewarisi ilmu, namun juga peran, yaitu: Syaahidan hadir di tengah masyarakat menjadi solusi, Mubasyiron pemberi kabar gembira/motivasi, Nadziron pemberi peringatan, dan Da’iyan Ilallahi bi idznihi mengajak kepada jalan Allah dengan izin-Nya.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bogor, H. Irfan Awaludin, M.Si., saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Tenjo, di Aula Kantor Kecamatan Tenjo, Kamis (5/9/2024).

Dalam paparannya tersebut, ia mengingatkan bahwa peran ulama hari ini sebagai estafet penerus perjuangan para nabi sebagaimana surat Al Ahzab ayat 45-46.

Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bogor, H. Irfan Awaludin, M.Si., saat menjadi narasumber. Foto: Dede-Sekretariat MUI Kab. Bogor

“Jika kita sudah mampu melaksanakan peran tersebut, barulah kita bisa menjadi Sirooj – Muniir (cahaya yang menerangi). Itulah yang akan bisa merubah masyarakat,” ujar Gus Irfan sapaan akrabnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa sirooj (cahaya) itu seperti Qomar (bulan) yang memantulkan cahaya dari matahari. Sementara Muniir (cahaya) seperti matahari yang mengeluarkan cahaya sendiri.

Sementara itu, Ketua MUI Kecamatan Tenjo, KH. Encep Arsyudin, berharap melalui pembinaan ini pengurus MUI semakin solid. “Semoga melalui pembinaan ini MUI Kecamatan dan Desa se Tenjo semakin solid, semakin bersinergi dengan pemerintah setempat,” pungkas Kiai Arsyudin. (fw)