Tingkatkan Kualitas Manajemen Oganisasi, MUI Ciseeng Gelar Pembinaan

Tingkatkan Kualitas Manajemen Oganisasi, MUI Ciseeng Gelar Pembinaan

MUI-BOGOR.ORG, Ciseeng – Hari ini merupakan evaluasi tahunan dan peningkatan kualitas manajemen organisasi bagi para pengurus MUI sekaligus menjadi momen penting bagi MUI untuk tetap sinergis dengan pemerintah di wilayah.

Hal itu disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Bogor bidang Infokom, Dr. H. Ujang Ruhiyat, M.Ag., pada Pembinaan MUI Kecamatan dan Desa se Ciseeng di Aula Kantor Kecamatan Ciseeng, Kamis (19/8/2024).

Ketua MUI Kabupaten Bogor bidang Infokom, Dr. H. Ujang Ruhiyat, M.Ag., saat menjadi narasumber. Foto: Sulaeman – Sekretariat MUI Kab. Bogor.

Kasi Penaiszawa Kemenag Kabupaten Bogor tersebut, juga menegaskan peran MUI bagi bangsa dan negara. “MUI ini hadir dalam rangka mengamankan NKRI. Oleh karena itu, penegasan peran MUI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi sangat penting,” ujarnya.

Di saat yang sama, Sekretaris MUI Kabupaten Bogor, Puad Hasan, MA., memberikan pemaparan mengenai aspek keorganisasian, dengan menyoroti perbedaan antara MUI dan ormas Islam.

Sekretaris MUI Kabupaten Bogor, Puad Hasan, MA., saat menjadi narasumber. Foto: Sulaeman – Sekretariat MUI Kab. Bogor

“MUI itu bukan ormas Islam, namun memiliki peran strategis sebagai wadah yang mengayomi semua ormas Islam, dan memiliki tugas yang lebih luas dalam memberikan bimbingan kepada umat Islam di Indonesia,” terangnya.

Menurutnya, pemahaman yang seragam dan mendalam mengenai prinsip-prinsip dasar keorganisasian sangat penting untuk memastikan setiap pengurus MUI dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. (fw)