Studi Banding ke MUI Bogor, MUI Cirebon Pelajari PKU dan Manajemen Organisasi

Studi Banding ke MUI Bogor, MUI Cirebon Pelajari PKU dan Manajemen Organisasi Foto bersama Pengurus Harian MUI Kabupaten Bogor bersama pengurus MUI Kabupaten Cirebon. Foto: istimewa

MUI-BOGOR.ORG, CIBINONG – Selamat datang kepada keluarga besar MUI Kabupaten Cirebon, alhamdulillah kami merasa bahagia atas kedatangan para ulama dan cendikiawan pimpinan KH. Zamzami Amin yang hebat dalam keadaan sehat wal’afiat sampai di kantor MUI Kabupaten Bogor dengan selamat. Insya Allah pertemuan ini membawa manfaat dan keberkahan untuk kita semua.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor Prof. Dr. KH. Ahmad Mukri Aji., MA., MH., dalam sambutannya pada kegiatan silaturahmi dan studi banding MUI Kabupaten Cirebon kepada MUI Kabupaten Bogor, yang berlangsung di aula gedung utama MUI Kabupaten Bogor, Cibinong, Ahad (23/6/2024).

Sambutan Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor Prof. Dr. KH. Ahmad Mukri Aji., MA., MH, didampingi Sekretaris Umum H. Irfan Awaludin, M.Si., Ketua Umum MUI Kabupaten Cirebon KH. Zamzami Amin dan Sekum MUI Kabupaten Cirebon Dr. Moh. Azmi Alfy, MA. Foto: istimewa

Prof. KH. Mukri Aji mengatakan, bahwa salah satu program unggulan MUI Kabupaten Bogor yaitu Pendidikan Kader Ulama yang secara konsisten telah berjalan menuju delapan belas angkatan.

“Alhamdulillah kami secara konsisten memiliki program unggulan Pendidikan Kader Ulama yang tahun ini sudah memasuki angkatan ke delapan belas, PKU ini menjadi program percontohan tingkat nasional yang mendapatkan apresiasi langsung dari Menteri Agama hingga Presiden Republik Indonesia”, ujar Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Kabupaten Cirebon KH. Zamzami Amin, merasa bersyukur akhirnya bisa bersilaturahmi secara langsung dengan MUI Kabupaten Bogor.

Suasana khidmat Silaturahmi MUI Kabupaten Bogor dan MUI Kabupaten Cirebon. Foto: istimewa

“Kami merasa datang ke MUI Kabupaten Bogor merupakan keputusan yang tepat untuk belajar mengenai suksesnya manajemen organisasi dan program Pendidikan Kader Ulama yang luar biasa. Kenapa Bogor bisa Cirebon tidak bisa, maka insya Allah kami yakin setelah belajar dari sini kami bisa membawa ilmunya dan menerapkannya”, ujar Pengasuh Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon tersebut.

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW, KH. Zamzami melanjutkan, bahwa seorang mukmin adalah cermin bagi sesamanya, maka dalam konteks ini kami bercermin kepada MUI Kabupaten Bogor.

Foto bersama Pengurus Harian MUI Kabupaten Bogor bersama Pengurus MUI Kabupaten Cirebon. Foto: istimewa

“Program PKU ini merupakan sebuah uswah yang baik, hanya sedikit MUI provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia memiliki program sesukses PKU di sini, oleh karenanya kami merasa termotivasi untuk bisa mengikuti jejak MUI Kabupaten Bogor”, pungkasnya.

Selanjutnya, kegiatan silaturahmi dan studi banding ini dipandu langsung oleh Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bogor H. Irfan Awaludin, M.Si., bersama Sekretaris Umum MUI Kabupaten Cirebon Dr. Moh. Azmi Alfy, MA, dihadiri oleh sekitar empat puluh orang pengurus MUI Kabupaten Cirebon dan para pengurus harian MUI Kabupaten Bogor, di antaranya Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Dr. KH. Agus Mulyana, MA., Ketua Bidang Fatwa KH. Cucun Sunan Nasa’I, Ustadz H.R. Mamun Nawawi, dan para pengurus LPKPU MUI Kabupaten Bogor.  (fw)