MUI Kabupaten Bogor Gelar Ujian Seleksi PKU Angkatan XVIII

MUI Kabupaten Bogor Gelar Ujian Seleksi PKU Angkatan XVIII Ujian Seleksi Masuk PKU Angkatan XVIII

MUI-BOGOR.ORG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor kembali menggelar seleksi ujian masuk Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan XVIII di Gedung MUI Kabupaten Bogor, Cibinong, Sabtu (11/5/2024).

Lebih dari seratus tiga puluh peserta mendaftar, berasal dari utusan MUI Kecamatan, Pondok Pesantren, Ormas Islam, hingga lembaga/instansi umum dan pemerintahan. Materi ujian seleksinya meliputi al-Qur’an – hadits, bahasa arab, qiroatul qutub (membaca Kitab Kuning), wawasan kebangsaan, keislaman, kebogoran, dan wawancara khusus.

Direktur Pelaksana PKU, Ahmad Zulfiqor, M.Hum mengatakan, PKU ini bertujuan untuk mencetak kader-kader ulama yang siap berkhidmat untuk umat.

“Kader PKU harus memiliki kepedulian terhadap berbagai masalah yang berkembang di masyarakat, sekaligus menjadi solusi dari masalah-masalah tersebut”, ujar Zulfiqor dalam sambutannya.

Ketua LPKPU ini menambahkan, MUI Kabupaten Bogor masih istiqomah menyelenggarakan PKU hingga angkatan ke 18. Hal inilah yang membuat MUI Kabupaten Bogor menjadi percontohan tingkat nasional.

Di saat yang sama, Nur Aida Fitriani mengungkapkan kesannya setelah mengikuti ujian seleksi PKU.

“Sangat memotivasi diri untuk bisa terus belajar dan yang pastinya juga sangat challenging. Jika lolos, saya akan memaksimalkan diri untuk bisa berkomitmen penuh kepada agenda PKU dan bisa berkontribusi banyak untuk masyarakat melalui wadah MUI”, ujar utusan MUI Kecamatan Cibinong tersebut.

Hal serupa juga dirasakan oleh Muhaimin Iskandar peserta utusan MUI Kecamatan Cigombong.

“Alhamdulillah kegiatan ini luar biasa sangat berkesan, menambah ilmu wawasan dan pengalaman. Jika lolos saya akan pergunakan waktunya dengan baik, dan tetap semangat dalam menjalani kegiatan PKU.  Jika belum lolos Insya Allah saya akan mencoba lagi di tahun depan”, pungkasnya. (fw)